Saturday, July 7, 2012

Isu Virus #9 Juli akan Blokir Internet | Cek Komputer Anda di sini

Entah benar atau tidak kabar beredar bahwa Virus DNS Changer akan menyerang jaringan internet di seluruh dunia. Terserah orang berkomentar (-) atau (+). Namun yang jelas saya cuma membagi info saja.

Diberitakan bahwa sudah banyak komputer di penjuru dunia yang terinveksi Virus DNS Changer. Efek yang disebabkan oleh virus ini yaitu menyebabkan pengguna komputer / laptop kesulitan untuk mengakses internet, karena tugas virus ini untuk memblokir jaringan internet.
Bahkan FBI pun ikut turun tangan mengatasi masalah tersebut.

Sebelum berlanjut, alngkah baiknya kita membaca ulasan "apa itu DNS CHANGER?"

Tanggal 8 November 2011, FBI dan kepolisian Estonia berhasil menangkap pelaku kriminal di dunia maya (biasa disebut Cybercrime) di sebuah perusahaan Rove Digital - terletak di Estonia
Perusahaan ini ternyata menyebar virus DNS Changer dengan cara yang beragam, dari mengunjungi situs tertentu atau meng-klik iklan online, dan semua itu disisipi Virus tersebut.


Perlu diketahui DNS Changer menyerang sitem operasi (OS) Windows & Mac, dengan mengubah Domain Name Server (DNS) di kompter korban, lalu diam-diam mengerahkan ke server DNS palsu milik perusahaan Rove Digital. Jadi pelaku kejatahan ini bisa saja mencuri data korban, bahkan kartu kredit atau dokumen penting lain, dan semua itu untuk dijadikan keuntungan materi.
Sudah jutaan korban menjadi sasaran virus ini.


FBI sudah menyita DNS server palsu milik Rove Digital.
Dan atas ijin pihak berwenang, FBI ditugaskan untuk mematikan jaringan DNS server palsu milik Digital Rove pada tanggal 9 Juli 2012. Jadi otomatis komputer / laptop yang terserang Virus DNS Changer akan terputus dari jaringan internet pada tanggal itu. *Jadi yang memblokir internet bukanlah virus, melainkan jaringan dari DNS palsu dimatikan. Tanpa DNS orang tidak bisa mengakses situs apapun seperti Facebook, Tweeter, google dkk.
 Tapi untuk menalangi kasus ini, pengguna yg terkena virus ini dapat menggunakan cara alternatif yaitu harus memasukkan alamat IP situs-situs yang akan dikunjungi. *Yang menjadi problema bagi kbanyakan orang, yaitu tidak hafal IP setiap situs :D.

Jadi buat user yg terkena virus ini siap-siap komputer/laptop anda akan terputus dari dunia maya:D


Untuk mengetahui apakah komputer anda terinveksi virus DNS Changer atau tidak, FBI menyediakan fasilitas seperti berikut :


  1. Kunjungi situs www.dcwg.org
  2. Klik tombol "DETECT" pojok kiri atas
  3. Kemudian sobat akan diarahkan ke suatu situs lain,, cari saja kata "http://www.dns-ok.us/" klik link tersebut pada lembar di sana.
  4. Maka akan terbuka halaman baru yang akan membrika informasi apakah terinveksi atau tidak, jika Layar GREEN = maka anda aman, jika MERAH = anda terinveksi

Nah sekian info dari saya,, semoga bermanfaat :D
Disqus Comments