Thursday, October 18, 2012

Khasiat di balik Ampas Teh


Sore hari tak lengkap rasanya bila tanpa secangkir teh. Apalagi jika cuaca hujan, pas banget untuk menghangatkan tubuh kita. Aromanya yang harum bisa untuk relaksasi tubuh. Teh dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi stres (cocok untuk pekerja kantoran) , dan memperlambat proses penuaan. 
Kebaikan teh yang konon ditemukan secara tak sengaja ketika daun-daunnya masuk ke dalam air yang tengah dijerang untuk Kaisar Shen Nun di China 2737 SM ini juga bisa didapatkan dengan memanfaatkan sisa-sisa seduhannya. Polifenol, kandungan antioksidan yang membuat minuman ini begitu sakti, tetap tinggal pada ampas teh. 
Ternyata ampas teh pun masih dapat digunakan lho sobat....
Mari kita simak bersama beberapa manfaat yang jarang terpublikasi :

  1. Mencegah timbulnya jerawat
    Lawan jerawat dengan kadungan polifenol si daun ajaib. Usapkan ampas teh ke seluruh wajah, diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas. “Ampas teh mengandung polifenol bisa menghambat pembentukan lemak menjadi asam lemak sehingga mencegah kandungan minyak berlebih dan iritasi. Timbulnya jerawat pun bisa dicegah,” ungkap Dadan Rohdian dari Bagian Pengolahan Hasil dan Engineering Pusat Penelitian Teh dan Kina, Bandung.
     
  2. Menghaluskan Kulit
    Polifenol dalam teh yang merupakan jenis antioksidan jenis bioflavonoid juga dapat membantu mengatasi masalah kulit kasar dan kusam. Oleskan ampas teh ke tangan, kaki dan bagian tubuh lain. Biarkan selama 5 – 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Kandungan antioksidan yang meresap ke dalam kulita akan menetralisasi radikal bebas sehingga memperlambat penuaan dini.
  3. Mencegah kerontokan rambut

    Akar rambut yang rapuh dapat juga diperkuat dengan zat polifenol. Siapkan kira-kira 100 mL air teh beserta ampasnya kemudian siramkan pada rambut yang telah dibasahi dengan air htangat. Pijat kepala dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan sampo. Yang perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak menggunakan ampas teh agar tidak kesulitan saat membersihkannya.
  4. Merilekskan mata

    Lelah setelah seharian bekerja? Luangkan waktu untuk relaksasi mata. Gunakan ampas teh untuk kompres mata. Anda dapat membungkusnya dengan kain terlebih dahulu ataupun langsung menaruhnya di pelupuk mata. Mata pun akan terasa lebih rileks.
                    Selesai melakukan perawatan tubuh dan wajah dengan ampas teh? Jangan langsung dibuang ke tempat sampah!!! Jadikan ampas teh tersebut sebagai pupuk oerganik dengan menaburkannya di atas tanah di dalam pot-pot anda. Kandungan nitrat di dalamnya akan terserap akar, tanaman anda semakin subur. “Secara tidak langsung kita sudah melakukan langkah hijau, Go Green.”



Disqus Comments