TOP NEWS

PERHATIAN.--- Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, blog ini dalam tahap perubahan tampilan. Harap maklum, Terima kasih.

Rabu, 01 September 2010

12 Cara Alami Bunuh Kantuk

Kurang tidur seringkali diajadikan alasan mengantuk saat jam kerja. Tak sedikit dari Anda mencoba mengatasinya dengan secangkir kopi atau meneggak minuman penambah energi. Tetapi tanpa disadari, minuman itu justru membuat tubuh Anda menjadi ketergantungan.

Minuman kafein memang dapat mencegah rasa kantuk. Namun kita patut mewaspadai efek sampingnya mulai dari memangkas waktu tidur,dan menrunkan kualitas tidur.
Nahk disini Ane punya 12 cara usir kantuk :

1. Bangun dari kursi dan berjalan-jalan sejenak. Dalam sebuah study populer, Robert Thayler PhD,seorang profesor di California State University, Long Beach, mempelajari apakah orang2 lebih bersemangat dengan makan permen atau berjalan-jalan cepat 10 menit. Meskipun mengunyah permen meningkatkan energi, satu jam kemudian tubuh akan kembali lelah. Sementara berjalan salama 10 menit meningkatkan energi hingga 2 jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot.
2. Istirahatlah mata untuk hindari kelelahan Nongkrong di depan komputer selama berjam-jam. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit.
3. Pilih cemilan yg sehat, Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama.
4. Ngobrol dengan rekan kerja Jika Anda tidak berkonsentrasi. Ngobrolah untuka membuat pikirananda sedikit lebih relax.
5. Bikin ruang kerja anad lebih terang. Lingkungan dengan pencahayaan redup memacu kelelahan.
6. Tarik nafas yg daam dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan jantung, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi yg pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi. Ide dari latihan pernapasan adalah untuk menghirup udara ke perut, bukan dada. Anda dapat melakukannya di meja anda. Duduk tegak, cobalah latihan sampai 10 menit.
7. Menepilah saat mengantuk ketika mengemudi. Tips Ane anda dapat membuka jendela mobil, nyalakan musik yg keras. Ato anda dpt digantikan dgn orang lain.
8. Alihkan tugas untuk stimulasikan pikiran anda. Tinggalkan pekerjaan anda sejenak jika merasa lelah.
9. Pastikan anda minum banyak air putih, dan makan makanan yg kadar ainya tinggi seperti sayur dan buah.
10. Tidur siang sejenak hilangkan kantuk. Jangan tidur terlalu lama-> tidur efektif sekitar 5 -25 menit. Jika anda tidak dapat tidur anda bisa pejamkan mata selama 10 menit, dijamin manjur dehk.
11. Udara siang mengatur siklus tidur. Cobalah untuk menghabiskan setikdaknya 30 menit sehari di bawah sinar matahari alami. (Bagi penderita insomnia, para ahli merekomendasikan untuk tidur pada jam matahari pagi bersinar.) Berjalanlah keluar untuk mengirup udara segar sekaligus memulihkan kembali indera anda.
12. Olahraga hasil analisis 70 penelitian pada 2006 melibatkan lebih dari 6800 orang, para ahli dari Unversitas Georgia menemukan olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga menigkatkan kualitas tidur.

Nahk sekian dari Ane, capek juga gan nulis artikel sebanyak ini. GPP dehk semoga bermanfaat bagi anda yg membutuhkan artikel ini.

0 komentar: