TOP NEWS

PERHATIAN.--- Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, blog ini dalam tahap perubahan tampilan. Harap maklum, Terima kasih.

Selasa, 07 September 2010

Mengurut Luka KESELEO??hati-hati!!!

Keseleo?? Sudah sering terdengar di telinga kita..........
Bahkan kita juga pernah mengalaminya. Masalah tersebut sudah kita anggap biasa, dan penyembuhannya pun kita sudah tahu. Apa itu? ya, mengurut di tukang pijat urut bukan??
Hal itu sudah menjadi tradisi di negara kita. Karena pijat di tukang urut lebih murah dan efisien dibandingkan periksa ke dokter. Kisaran Rp20.000,- kita sudah bisa mnikmati jasa urut pijat. Namun guys masalh tersebut beresiko>__________
Mengapa??? yups kita baca penjelasannya________---

Menurut Dokter Joserizal Jurnalis SpBO, Ahli Bedah Ortopedi dan Traumatologi Rumah Sakit Siaga Jakarta, upaya pengobatan keseleo tidak boleh sembarangan. Sebab, penyebab keseleo bisa jadi akibat ada robekan atau serat-serat urat yang putus pada ligamen.
Bisa saja proses pengurutan malah akan memperparah cedera pada urat. "Jika diurut robekan itu akan terbuka dan kembali terjadi pendarahan," tuturnya.
Jika sampai terjadi pendarahan, bisa jadi rasa sakit yang Anda rasakan juga bakal bertambah dan menjalar ke bagian tubuh yang lain. Pembengkakan dan kondisi parah pada bagian tubuh juga akan diikuti dengan demam.

Alih-alih menyembuhkan, mengurut malah membuat kondisi kesehatan kita semakin buruk. Alhasil, maunya mengeluarkan biaya yang murah, akhirnya malah tambah mahal karena Anda harus mengobati demam juga.

Saran :

Joserizal menyarankan, jika Anda keleleo dan tak ingin ke dokter, lebih baik Anda diamkan saja. Kalau keseleo didiamkan maka secara alamiah tubuh akan menyembuhkan sendiri. Dalam penanganan keseleo, Joserizal mengatakan, yang paling penting adalah tindakan pertama ketika baru terjadi keseleo. Pertama kali yang harus dilakukan adalah menghentikan aktivitas yang kita lakukan atau beristirahat. Jangan memaksakan diri untuk beraktifitas karena bisa memperparah cedera yang dialami.

Selanjutnya bagian tubuh yang mengalami keseleo harus dikompres dengan es. Anda bisa membungkus es dengan handuk tipis dan mengompresnya pada bagian luka selarna sekitar 15 menit. Terapi ini bisa dilakukan setiap beberapa jam sekali.

"Penggunaan es berfungsi untuk mengurangi pendarahan yang terjadi akibat robekan
pada ligamen,
" tuturnya. Langkah berikutnya dalam penanganan keseleo adalah dengan compress artinya menekan bagian yang mengalami cedera dengan menggunakan perban khusus. Balutan harus rapi, namun perban tidak boleh terlalu ketat.

Langkah selanjutnya adalah elevasi atau mengangkat bagian yang keseleo demi mengurangi beban tumpuan pada bagian tubuh yang keseleo. "Jika perlu gunakanlah tongkat agar persendian kita tidak banyak bergerak," imbuhnya.

Untuk meringankan rasa sakit atau nyeri, obat anti nyeri bisa Anda gunakan. Tapi obat itu bukan merupakan pengobatan yang utama. Pada penanganan lebih jauh, Joserizal tetap menyarankan agar pergi ke dokter guna mendapat perawatan optimal.

Nahk itu dia penjelasannya sobat, jadi hati2 dehk jika keseleo dalam penanganannya.
Ok semoga bermanfaat ya-

0 komentar: