TOP NEWS

PERHATIAN.--- Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, blog ini dalam tahap perubahan tampilan. Harap maklum, Terima kasih.

Minggu, 30 Januari 2011

Buah Asam Jawa sebagai Alternatif Energi Listrik


ALTERNATIF ENERGI LISTRIK???

Buah Asam Jawa sebagai alternatif listrik adalah pembuatan alternatf energi listrik dari air seduhan buah asam Jawa. Buah asam Jawa sebagai tanaman yang memiliki kandungan asam yang cukup tinggi dapat dimanfaatkan  sebagai alternatif energi listrik. Hal tersebut dikarenakan buah ASAM mengandung zat kimia seperti asam suksinat, asam tartrat, asam sitrat, pektin, dan gula invert. Asam-asam tersebut mengakibatkan buah asam jawa memiliki kandungan elektrolit yang dapat menghasilkan energi listrik.

Diketahui pemnafaatan buah asam jawa hanya terpaku sebagai bahan makanan dan konsumsi local dan ini menjadikan komoditas asam jawa semakin terlihat tidak menarik. Daya guna buah asam jawa pun dikenal sebagai komoditas tanaman kelas rendah.

Dengan adanya pengembangan dari buah asam jawa ini sebagai alternatif listrik, maka akan menjadikan buah yang dihasilkan oleh pohon Tamarindus indica ini mempunyai daya guna lebih.
Perlu diketahui oleh kalian semua bahwa tidak kurang dari 3.000 MW per tahun kebutuhan listrik nasional harus dipenuhi. Diharapkan asam jawa ini dapat membantu pemenuhan konsumsi listrik masyarakat Indonesia.

Pembangkit listrik dengan tenaga angin, air, surya, maupun suara yang telah ada ternyata tidak praktis, biayanyapun tidak sedikit dan ada pula yang beranggapan itu mengakibatkan dampak visual hal ini yang memicu tibulnya inovasi untuk  mengembangkan buah asam jawa sebagai alternatif energi listrik.

Harga buah asam jawa murah, pembuatannya juga tidaklah sulit, tidak menimbulkan emisi karbon dan mengurangi pencemaran. Inilah beberapa kelebihan alternatif energi listrik asam jawa. Jadi energi l,istrik dari bahan nabati ini sangat diperlukan saat bahan bakar fosil mulai langka. TERTARIK MENGEMBANGKAN???***

From : majalah Sibema SMANSA edisi 1 tahun 2011

1 komentar: