TOP NEWS

PERHATIAN.--- Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, blog ini dalam tahap perubahan tampilan. Harap maklum, Terima kasih.

Sabtu, 10 September 2011

Kilas Balik,, BAHAYA Radiasi HP

Bahaya Radiasi HP
Pada jaman seperti sekarang ini, kehidupan kita tidak akan pernah bisa lepas dari HP.

Mengapa ? Karena semua kegiatan, kita pasti butuh yang namanya Handphone. Ketika kita hendak bepergian, lalu HP kita ketinggalan di rumah, maka pikiran kita bisa jadi tidak tenang dan gelisah.

Maksudnya, kita sangat sekali membutuhkan keberadaan HP sebagai alat bantu komunikasi utama dalam setiap kehidupan kita.
Sekarang, jika di dalam satu rumah terdapat empat anggota keluarga maka kemungkinan besar di dalam rumah tersebut terdapat empat HP atau bahkan bisa lebih.

Malah yang lebih ekstrem lagi, pada kenyataannya setiap orang mempunyai minimal dua HP.

Tetapi, hati-hati dalam menggunakan HP karena pancaran gelombang radiasinya yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang telah diyakini oleh para ahli sangat berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh manusia dalam jangka panjang. Sampai saat ini berbagai penelitian tentang bahaya radiasi HP di seluruh dunia terus dilakukan.

Di satu sisi kita sangat membutuhkan HP, sedangkan di sisi lain kita sangat takut dengan efek buruk yang ditimbulkannya. 
Apa yang benar-benar harus kita lakukan dengan kenyataan ini ?
 


Kebiasaan Meletakkan Handphone yang Fatal
Pernah terjadi seorang wanita berturut-turut mengalami keguguran ketika usia janin berusia 2-3 bulan. Pasangan suami istri ini lalu mengecek kehamilan berikutnya dan mendapati bahwa janin tersebut mengalami kerusakan sel berkesinambungan sampai janin tersebut mati.

Dokter mengatakan bahwa rahim wanita ini telah terpapar oleh radiasi HP sehingga membuat janin yang ada di dalamnya tidak bisa bertahan lama untuk hidup dan berkembang.

Rahimnya telah mati jadi tidak mungkin bagi dia untuk memiliki janin yang hidup pula. Setelah diteliti, wanita ini ternyata memiliki kebiasaan menyimpan Handphone di jaket kerjanya yang posisinya tepat dekat rahim selama beberapa tahun.
Jangan lagi kita terlalu meremehkan resiko dari radiasi HP ini karena akibatnya bisa fatal bagi organ tubuh kita. Jauhkanlah HP dari tubuh kita sebisa mungkin ketika kita tidak sedang menggunakannya.

Jangan terlalu sering meletakkan HP dekat dengan jantung, ginjal, dan di kantung celana karena ini bisa merusak ginjal, jantung, sistem reproduksi, dan organ-organ lainnya!
Jangan meletakkan HP dekat dengan tubuh kita ketika tidur. Jauhkan juga barang-barang elektronik lainnya ( seperti radio, laptop, televisi, kulkas dll.) dari area tempat kita tidur kita karena dalam jangka panjang Radiasi dari barang elektronik itu bisa membahayakan kesehatan.

Radiasi yang ada dapat mengganggu dan mengacaukan proses produksi sistem hormonal dalam tubuh ketika kita tidur. Bahkan radiasi gelombang elektromagnetik telah ditunjuk oleh banyak ahli medis sebagai penyebab munculnya banyak kasus kanker darah (leukemia) dan kanker otak.
 

Beresiko Melahirkan Anak yang Hiperaktif
Wanita yang menggunakan HP ketika hamil memiliki kecenderungan bakal melahirkan anak-anak dengan masalah tingkah laku, berdasarkan suatu studi terhadap lebih dari 15.000 anak-anak.

Wanita hamil yang memakai HP yang meskipun hanya 2 atau 3 kali dalam sehari, cukup untuk menimbulkan resiko bayi mereka terkena penyakit hiperaktif dan bisa mengalami kesulitan dalam pemahaman / proses belajar, emosi, dan sosialisasi anak pada saat sekolah.
Hasil di atas malah justru lebih beresiko lagi apabila si anak sendiri yang juga menggunakan HP sebelum berusia 7 tahun.

 

TIPS TIPS :

1. Jangan memakai HP terlalu sering ketika sedang hamil dan jangan ijinkan anak-anak memakainya jika tidak perlu.

2. Batasi lama penggunaan HP atau penggunaan telepon tanpa kabel lainnya.

3. Gunakan headset dengan kabel untuk mengurangi efek radiasi HP karena penggunaan headset dapat menjauhkan HP dari kepala.

4. Hindarilah penggunaan Bluetooth karena hal ini juga malah menambah radiasi.

5. Kurangi paparan langsung dari area transmisi WiFi (Hotspot Area). Cari tahu dimana lokasi WiFi dan usahakan untuk menjauh dari area tersebut. Karena hal ini juga dapat memancarkan radiasi.
Jika memiliki telepon kabel, jangan memakai yang melebihi 900 MHz, karena telepon kabel Gigahertz akan terus menerus memancarkan gelombang radio tinggi.

6. Gunakan speakerphone daripada langsung mendekatkan HP ke telinga. Ini membantu untuk menjauhkan efek radiasi langsung antara otak dengan HP.

7. Batasi penggunaan HP di dalam gedung karena HP akan memancarkan lebih banyak gelombang di dalam gedung dibandingkan di luar gedung.

8. Pakailah HP pada saat bar transmisi atau penerimaan signal baik. Ketika transmisi jelek, HP akan bekerja lebih keras untuk menangkap transmisi dengan jelas.

9. Jangan dekatkan HP ke telinga pada saat proses dialing, karena efek pancaran radiasinya paling besar pada saat tersebut. Pada saat proses awal pemanggilan atau awal penerimaan, hindarilah. Lebih aman, gunakan speaker phone dulu. Setelah tersambung dan berbicara, barulah kita dekatkan ke telinga.

10. Berhati-hatilah dalam meletakkan HP, karena radiasi berefek didekatnya, radiasi bersifat memancar.
[][][][][][][][]
Gunakan protektor yang dapat meminimalkan pancaran gelombang radiasi HP. Sehingga risiko yang diterima tubuh dari HP dapat dikurangi.




Pada penelitian untuk mengukur besaran radiasi dengan menggunakan CellSensor membuktikan bahwa penggunaan Electromagnetic Radiation Protector (EMR Protector) efektif dapat membantu mengurangi bahaya radiasi HP dan peralatan elektronik lainnya hingga 90% besarnya. Pada jarum penunjuk besaran radiasi pada alat CellSensor dapat dibandingkan antara HP yang belum dan HP yang sudah menggunakan EMR Protector. Penggunaan EMR Protektor ini sangat efektif, sehingga mengurangi bahaya kanker atau penyakit lain akibat radiasi barang elektronik terutama HP.
*Harga EMR Protector berkisar antara Rp 15.000- Rp 50.000

Sepuluh handphone dengan nilai SAR paling tinggi
1. Motorola V195s (1.6)
2. Motorola Slvr L6 (1.58 )
3. Motorola Slvr L2 (1.54)
4. Motorola W385 (1.54)
5. Motorola Deluxe ic902 (1.53)
6. T-Mobile Shadow (HTC) (1.53)
7. Motorola i335 (1.53)
8. Samsung Sync SGH-C417 (1.51)
9. Motorola V365 (1.51)
10. RIM BlackBerry Curve (AT&T) (1.51)

Sepuluh handphone dengan nilai SAR paling kecil (radiasi kecil) adalah:
1. LG KG800 (0.135)
2. Motorola Razr V3x (0.14)
3. Nokia 9300 (0.21)
4. Nokia N90 (0.22)
5. Samsung SGH-G800 (0.23)
6. Samsung Sync SGH-A707 (0.236)
7. Nokia 7390 (0.26)
8. Samsung SGH-T809 (0.32)
9. Bang & Olufsen Serene (Samsung SGH-E910) (0.33)
10. Motorola Razr2 V8 (0.36) 


fakta menunjukkan:

        * Peningkatan resiko kanker otak
        * Peningkatan resiko kerusakan sel sperma pada laki-laki
        * Peningkatan resiko tumor dan hiperaktif pada anak-anak
        * Peningkatan resiko kanker testis selama 10 tahun terakhir
        * Peningkatan resiko tumor rahim pada perempuan
        * Peningkatan resiko kegagalan kandungan pada perempuan

Nahk... semoga dari Info tersebut hendaknya kita tak lupa untuk merawat tubuh kita,, jgn sampai kita terlena karena kecanggihan teknologi dan acuh terhadap akibat yg d timbulkan.



from : http://www.kaskus.us/showpost.php?p=450694684&postcount=1

0 komentar: