Berikut artikel tulisan dari Kaskuser yg membahas penghematan bensin.
Menarik buat dibaca bagi para pengendara buat penghematan BBM yg semakin lama semakin krisis.
Berikut TIPSnya sobat :
tips dalam mengisi bensin
1. ISI BENSIN sebaiknya HANYA DI PAGI HARI.
Mengapa demikian???
Saat suhu permukaan tanah masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya di ruang penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka bensin akan semakin padat,
sedangkan saat suhu menghangat, bensin akan memuai (!)
Maka, kalau kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih
panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran
akan menjadi lebih besar dari VOLUME sebenernya.
Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya.
Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya alat untuk
mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.
sedangkan saat suhu menghangat, bensin akan memuai (!)
Maka, kalau kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih
panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran
akan menjadi lebih besar dari VOLUME sebenernya.
Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya.
Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya alat untuk
mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.
2. SAAT MENGISI BENSIN, JANGAN MENGATUR BUKAAN NOZZLE jadi FAST MODE
ini mostly karena di sana kita ngisi bensin sendiri alias self-service.
Tapi bisa kita coba di sini kasi tau ke tukang ngisinya supaya setting
ke slow mode (bisa nggak ya?).
The trigger punya 3 level: low, medium, high. Di slow mode, kita
memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi
terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.
Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2: jalan
kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian
dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan
akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke
mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran.
Trus kalau di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi uap? mungkin.
Atau paling tidak lebih lambat berubah jadi uap. Mungkin.
ini mostly karena di sana kita ngisi bensin sendiri alias self-service.
Tapi bisa kita coba di sini kasi tau ke tukang ngisinya supaya setting
ke slow mode (bisa nggak ya?).
The trigger punya 3 level: low, medium, high. Di slow mode, kita
memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi
terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.
Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2: jalan
kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian
dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan
akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke
mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran.
Trus kalau di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi uap? mungkin.
Atau paling tidak lebih lambat berubah jadi uap. Mungkin.
3. ISI BENSIN SAAT TANGKI MASIH BERISI SETENGAH (Half-Full)
Mengapa??
semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin, semakin sedikit udara
yang ada di sana. Petrol (bensin) menguap jauh lebih cepat dari yang
kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap yang mengapung di
dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara
bensin dan udara di dalam tangki.
Trus hubungannya dengan hemat bensin apa ya?
mungkin gini:
kalau di Pom bensin, mereka punya internal floating roof, jadi mereka
nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di
mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.
semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin, semakin sedikit udara
yang ada di sana. Petrol (bensin) menguap jauh lebih cepat dari yang
kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap yang mengapung di
dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara
bensin dan udara di dalam tangki.
Trus hubungannya dengan hemat bensin apa ya?
mungkin gini:
kalau di Pom bensin, mereka punya internal floating roof, jadi mereka
nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di
mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.
4. SAAT POM BENSIN SEDANG DIISI ( ADA TRUK PENGISI)
-jangan mengisin bensin.
Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang
teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan
bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita.
Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang
teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan
bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita.
Nahk itu tadi TIPS dari Kaskuser. Selamat mencoba ....
semoga bermanfaat.
From : http://www.kaskus.us/showpost.php?p=456804504&postcount=1