Tuesday, January 11, 2011

Empat Perusak Gigi...*

Ada Sejumlah kebiasaan yang mungkin tak Anda sangka bisa memicu permaslahan gigi. Berikut empat pemicu kerusakan gigi yang tida diketahui banyak orang :

1. Minuman asam
 Penelitian terbaru Universitas Birmingham menemukan, konsumsi minuman suplemen olahraga memicu erosi gigi serius dan infeksi. Peneliti menguji 2 minuman yang tak disebutkan mereknya dan menemukan kandungan yang dapat meluruhkan email gigi.
Kondisi itu memungkinkan akibat tingkat keasaman yang bertentangan keseimbangan PH normal mulut. Soda dengan bahan kimia seperti asam aspartam juga dapat membuat bagian gigi mengalami aus. Bahkan Jus yang sangat asam juga dapat menyebabkan infeksi dan erosi dari waktu ke waktu.

2. Olesan Lipstik
Menurut penelitian tim dari Universitas Sao Paulo, Brazil , lipstikyang mengandung parafin dapat mengikis enamel gigi. Saat enamel terkikis, gigi menjadi berpori dan menciptakan tampat tumbuhnya bakteri. Efeknya adalah kerusakan gigi, infeksi dan patah. Sebaliknya pilih lipstik yang tidak mengandung parafin.

3. Karbohidrat
Produk camilan berkabohidrat tinggi juga tidak baik untuk gigi. Setelah dipecah menjadi gula sederhana efeknya sama dengan gula yang menempel pada gigi. Gula menyebabkan bakteri dan plak yang menyebabkan penyakit gusi dan rongga gigi.

4. Terlalu sering menyikat gigi
Menurut American Dental Association, terlalu sering menyikat gigi bisa membuat abrasi pada gigi. Akibatnya gigi menjadi lebih sensitif dan mudah merasa ngilu. Untuk menghindarinya, pilih sikat gigi yang berbulu lebat dan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.****
Disqus Comments