TOP NEWS

PERHATIAN.--- Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, blog ini dalam tahap perubahan tampilan. Harap maklum, Terima kasih.

Rabu, 02 Maret 2011

9 KEBIASAAN MENYEGARKAN OTAK


Rasa jenuh dengan aktivitas sama setiap harinya dapat menimbulkan depresi. Kebosanan ini juga bisa membuat otak Anda merasa “kurang tertantang”. Jika Anda sering mengalami hal ini, jangan diam saja. Lakukan latihan berikut ini yang bisa mambuat anda seperti memiliki ‘otak baru’.
            Dorothea Brande, penulis dan editor asal Amerika Serikat yang terkenal dengan bukunya “Wake Up and Live and Becoming a Writer”, menyarankan beberapa latihan mental untuk membuat pikiuran anda lebih tajam. Berikut 9 latihan yang disarankan oleh Brande yang bisa anda coba :
1.      Habisakan 1 jam setiap harinya dengan tidak berkata apa-apa. Keculai untuk menjawab pertanyaan secara langsung, ditengah kelompok, tanpa menimbulkan kesan bahwa anda merajuk atau sakit.
2.      Berpikirlah selama 30 menit setipa hari tentang 1 subjek. MUlaialah dengan berpikir dalam lima menit jika 30 menit terlalu lama.
3.      Bebricaralah selam 15 menit per hari tanpa menggunakan kata “Aku”, “saya”, dan “milik saya”.
4.      Cobalah untuk diam di tengah keramaian.
5.      Lakukan kontak dengan orang baru dan biarkan ia menceritakan banyak hal soal dirinya tanpa ia sadari.
6.      Ceritakan dengan ekslusif tentang anda sendiri dan kesenganan Anda tanpa mengeluh, atau membuat bosan teman anda.
7.      Buat rencana selama 2 jam per hari , lakukan rencana itu dengan konsekuen.
8.      Buatlah 12 kegiatan yang dilakukan secara ack dan spontan. Misal sepulang mendatangi tempat makan yang belum pernah dikunnjungi sebelumnya lalu pulang bukan dengan naik taksi tetapi ojek. Atau, biasanya pagi hari anda minum kopi, sebaiknya minumlah air putih atau jus. Usahakanlah kegiatan tersebut berbeda dari rutinitas anda.
9.      Dari waktu ke waktu, luangkanlah setiap harinya menjawab “ya” untuk setipa permintaan orang lain,, tapi tentunya yang masuk akal.

Nah sobat sekalian,,, melihat tips berikut kelihatannya memang susah sih,,, namun asalkan diri kita sendiri ada kemauan untuk berubah pastilah dirasa mudah,, dan tetunya disertai dengan niat. Nahk info tersebut hanya sebatas saran saja,, bagi anda yg keberatan tak menjadi masalah,, tohk Saya hanya berbagi artikel yg mungin berguna bagi anda sekalian. Akhir kata  Terima Kasih……  

0 komentar: