Friday, March 18, 2011

Waspada Parkir di Tempat Panas


MENCARI parkir yang posisinya tepat memang tak mudah. Parkir di tempat panas memang menyebalkan. Belum lagi kemungkinan bahaya zat-zat yang tercipta di dalam mobil karena uap panas yang berkumpul.

Menurut penelitian bahan-bahan seperti plastik, dashboard, jok dan gas BBM dikhawatirkan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Hal ini dapat terjadi jika mobil diparkir di tempat panas dalam kurun waktu yang lama. Rata-rata mobil yang diparkir di tempat teduh dengan jendela tertutup akan mengandung sekitar 400-800 mg per sq ft gas BBM. Sementara itu jika mobil diparkir di bawah matahari pada suhu diatas 60 derajat Fahrenheit, kandungannya naik drastis hingga 2000-4000 mg per sq ft. Secara otomatis orang-orang yang masuk kedalam mobil akan langsung menghisap zat yang mungkin berbahaya ini.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan :

Petama > buka sedikit jendela. Hal ini bertujuan agar udara panas dapat keluar. Selain itu hal ini pun untuk menghindari kemungkinan kaca pecah karena panas. Namun , jika hujan jangan lupa untuk menutup jendela.
Kedua > jangan lupa angkat wiper. Jika terkena panas secara berlebihan, karet wiper dikhawatirkan akan menempel lengket di kaca. Hal ini sesuai dengan sifat karet yang akan memuai jika terkena panas.
Ketiga > Hindar menyimpan barang yang mudah terbakar di dalam mobil. Barang-barang seperti korek api dan parfuk spray sebaiknya tak disimpan di area mobil yang langsung terkena panas. Semua ini karena barang=barang tersebut bisa meledak jika terjena panas.

Selain itu,  air minum dalam kemasan yang sudah terkena sinar matahari alngsung sebaiknya tidak diminum lagi. Hal ini dikarenakan zat-zat karsinogen yang terdapat dala air kemasan tersebut sudah "terlepas" dan dapat membahayakan kesehatan.

Keempat > Lakukan "ritual". Yang dimaksud dengam ritual di sini dimaksud yaitu : Sebelum menjalankan mobil , lakukan langkah-langkah seperti , membuka semua jendela , hidupkan mesin, Hidupkan AC dengan kecepata blower maksimum tanpa menekan pedal gas.
Lalu biarkan selama kurang lebih 1-2 menit . Setelah itu, tutup semua jendela baru jalankan mobil,,,,,
Ok itu dari saya,, makasi**
Disqus Comments