TOP NEWS

PERHATIAN.--- Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, blog ini dalam tahap perubahan tampilan. Harap maklum, Terima kasih.

Minggu, 05 Februari 2012

Tips Praktis Atasi Stres

Berbicara tentang Stress mungkin tak asing di telinga kita. Munculnya stres dapat dipicu oleh beragam permasalahan seperti permasalahan keuangan, keluarga, kesehatan atau perjalanan. Stress membuat manusia semakin hari semakin egois. Hal ini merupakan suatu respon alamiah ketika manusia mengalami tekanan dan penderitaan. Bahkan dampak selanjutnya menjadi depresi. Depresi adalah akibat dari stress yang disimpan di dalam hati oleh penderitanya. Jika depresi ini tidak segera ditangani maka akan mengakibatkan penyakit kejiwaan bahkan yang secara ekstrim adalah (dengan bunuh diri ,, wahk jangan sampe dehk).


Nahk di bawah ini ada beberapa Tips buat sobat untuk hilangin stress :


1. Makan Dark Chocolate

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Proceeding of The National Academy of Science, menunjukkan bahwa flavonoid dalam biji kakao dapat membuat pembuluh darah lebih relaks. Cari dark chocolate rendah lemak yang memiliki lebih banyak favonoid yang meredakan stres daripada milk chocolate. *Dark Chocolate memiliki kandungan biji coklat (kakao) yang paling tinggi yaitu paling sedikit 70% mengandung kakao. Dark chocolate memiliki kandungan kakao atau biji cokelat terbanyak, tanpa banyak gula dan tanpa lemak jenuh atau minyak sayur terhidrogenasi (HVO).*

[Tambahan tentang Dark Chocolate] :

Peneliti di German menemukan bahwa konsumsi 6,3 gram dark chocolate (30 kalori) setiap hari selama 18 minggu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar S-nitrosoglutathione. S-nitrosoglutathione adalah salah satu marka kesehatan pembuluh darah. Dark chocolate mengandung polifenol yang meningkatkan nitric oxide (NO) pada dinding pembuluh darah. NO penting untuk regulasi tekanan darah, meningkatkan tingkat energi, dan performa seksual. Studi tersebut meneliti pria dan wanita pada usia 56 sampai 78 tahun dengan tingkat tekanan darah yang sedikit tinggi. Makan sedikit dark chocolate setiap hari akan meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tanpa menyebabkan peningkatan berat badan. (Journal American Medical Association, 298:49-60, 2007)
SARAN : Carilah dark chocolate yang murni, kalau bisa dalam bentuk bubuk bukan dalam bentuk coklat batangan yang manis seperti yang dijual untuk snack. Dengan dark chocolate murni atau dalam bentuk bubuk, Anda mendapatkan seluruh manfaatnya minus kalori. Sementara dalam bentuk snack, risiko makan lebih dari yang diperlukan adalah sangat besar dan tidak dianjurkan.


2. Sandarkan Punggung

Lupakan nasihat yang menyerankan Anda duduk tegak untuk meredakan ketegangan pada punggug. Para peniliti di University of Alberta Hospital di Kanada menemukan bahwa duduk dengan menyandarkan punggung dengan kemiringan 135 derajad adalah posisi duduk terbaik untuk mengurangi nyeri punggung.


3.Menonton Youtube Untuk Selingan



Meurut para peniliti di Linda University, California, tertawa dapat menurunkan hormon yang berkaitan dengan stres seperti dopac (38%). kortisol (39%), dan epinephrine (70%). Dan saat para peneliti di University of Maryland memertontonkan potongan film pendek kepada partisipan, ternyata mereka yang menonton film lucu mengalami peningkatan aliran darah menuju jantung mereka sebanyak 22%.

4.Temukan Hoku Anda



Menurut para peneliti di Hongkong Polytchnic University, akupuntur adalah cara cepat meredakan ketegangan hingga 39%. Kalau Anda ingin stres cepat reda, pijatlah daerah antara ibu jari dan jari telunjuk selama 20-30 detik. “Ini adalah titik akupuntur paling ummum untuk membuat tubuh bagian atas terasa nyaman, “ kata Patrice Winter, juru bicara American Physical Therapy Association.

5.Seduh Teh


Dalam sebuah studi di University College di London, 75% pria diberikan teh sebelum menyelesaikan tugas yang sarat dengan stres. Setelah tugas selesai, ternyata kadarkortisol mereka turun hingga rata-rata 47%, lebih rendah dibandingkan dengan pria yang sebelumnya tidak minum tes yang kortisolnya turun sebanyak 27%.


6. Konsumsi Bawang Putih


Para peneliti di University of Alabamadi Birmingham yakin telah menemukan alasan mengapa bawang putih bagus untuk kesehatan jantung, dan di dalam penelitian itu mereka menemukan kekuatan bawang putih untuk memerangi stres juga. Saat Anda mencerna organsulfur allicin, komponen utama dalam bawang putih, tubuh Anda memproduksi hidrogen sulfida, yang akan membuat pembuluh darah relaks danmeningkatkan aliran darah.


7.Konsumsi Minyak Ikan


Menurut penelitian dari University of Pittsburgh, orang memiliki kandungan EPA dan DHA asam lemak omega-3 dalam darah paling tinggi, lebih bahagia, tidak terlalu impulsif, dan lebih menyenangkan. Cobalah minyak ikan sebagai suplemen harian yang mengandung 400 mg EPA dan 400 mg DHA.

8.Teriak Sekeras mungkin

Dengan meneriakkan kata-kata sekeras mungkin, dapat mengurangi beban stres anda.
*Semoga dapat membantu :D

1 komentar: