Thursday, February 2, 2012

Langkah Go Green! Cinta Lingkungan

SLOGAN 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang sering kita dengar, bukan sekedar slogan. Dengan mempraktikkan setidaknya satu dari ketiga bagian tersebut , kita sudah ikut berpartisipasi membantu kelangsungan lingkungan. Tahukah bahwa dalam 1 tahun, setiap orang rata-rata menghasilkan sampah sebanyak 7 kali massa tubuhnya sendiri ?

Dimulai dari rumah kita sendiri, kita dapat mengurangi produksi sampah dengan cara-cara yang sederhana. Berikut tipsnya :

BE GREENERS

  • Belilah barang-barang dalam kemasan besar. Dengan begitu, kita dapat mengurangi kemasan yang akan dibuang di tempat sampah.
  • Sedapat mungkin, hindari penggunaan kantung plastik. Plastik merupakan penyumbang sampah yang sangat besar dan tidak dapat terurai. Untuk membawa barang, gunakan tas kain yang dapat digunakan berulang kali.
  • Sesedikit mungkin gunakan produk yang sekali pakai. Misalnya, popok, alat cukur, sampai kamera. Setelah digunakan, semua produk itu hanya akan berakhir di tempat sampah.
  • Pilih produk yang mengandung material daur ulang. Umumnya, terdapat label berupa segitiga berbentuk panah berwarna hijau di produkproduk daur ulang.
  • Berpikir panjang sebelum membeli barang baru. Pakaian, sepatu, dan produk lain yang sering dikaitkan dengan mode dapat membuat kita lebih konsumtif. Belilah benda tersebut saat dibutuhkan, bukan saat sekedar diinginkan.
  • Alat elektronik yang rusak jangan langsung dibuang. Upayakan perbaikkannya terlebih dahulu. Selain menghemat biaya, cara ini mengurangi sampah elektronik, mengingat sampah elektronik termasuk sampah yang berbahaya bagi lingkungan.
  • Membuat kompos sendiri di rumah. Kumpulkan sampah-sampah organik seperti sisa potongansayuran dan daun kering ke dalam wadah dan biarkan membusuk dan berbentuk seperti tanah. Sekitar 2 minggu, sampah dapat "dipanen" dan digunakan sebagai pupuk tanaman.

Nahk,, Selamat Mencoba :D ,,, 

Mari kita lakukan langkah kecil untuk menyelamtkan bumi tercinta ini. SALAM GREENERS
Disqus Comments