TOP NEWS

PERHATIAN.--- Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, blog ini dalam tahap perubahan tampilan. Harap maklum, Terima kasih.

Kamis, 03 November 2011

Minum Air putih berlebih justru BERBAHAYA !!!

Minum air putih 8 gelas sehari memang dianjurkan bagi Anda yang memiliki aktivitas rutin. Tetapi, banyak orang  melakukan terapi air putih dengan cara salah. Mereka berpikir dengan minum banyak air putih dapat menyehatkan tubuh mereka, namun justru dapat membahayakan kesehatan.



Berita dari luar mengatakan :
Para ahli memperingatkan, minum 8 gelas air putih sehari tidak baik untuk kesehatan dan bisa berbahaya. Tahu kenapa?

Mereka mengatakan klaim manfaat dari banyak minum air putih adalah sesuatu yang buruk. Sementara, National Health Service (NHS) bersama dokter terkemuka dan ahli gizi menyarankan masyarakat untuk minum sekitar 1,2 liter (atau dua setengah gelas) air per hari. Sebuah laporan juga  menjelaskan bahaya dehidrasi hanya sebagai mitos.

Dr. Margaret McCartney dari Glasgow mengatakan 
bahwa orang harus minum 6-8 gelas sehari adalah omong kosong. Dia menuturkan, manfaat minum air putih sering dibesar-besarkan oleh lembaga yang berkepentingan. Disamping itu penelitian menunjukkan, minum di saat tidak haus dapat mengganggu konsentrasi, bukan meningkatkan, dan bukti-bukti terpisah menunjukkan bahwa bahan kimia yang digunakan untuk desinfeksi yang ditemukan dalam air kemasan bisa berakibat buruk bagi kesehatan.
 Minum berlebih juga dapat menyebabkan hilangnya waktu tidur karena orang harus bangun di malam hari untuk pergi ke toilet, dan studi lain menunjukkan bahkan dapat menyebabkan kerusakan ginjal, justru bukan mencegahnya.Ia juga memperingatkan bahwa minum terlalu banyak air dapat menyebabkan kondisi yang jarang, tapi berpotensi fatal yang disebut hiponatremia, yaitu kadar garam tubuh menurun dan dapat menyebabkan pembengkakan otak.


Berita dari dalam negeri mengatakan

“Banyak orang salah mengerti, mereka melakukan terapi air putih tapi dengan mengonsumsi 2 liter sekaligus saat bangun tidur. Ini berbahaya untuk kesehatan jantung dan ginjal,” kata Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Siloam, Dr Samuel Oetoro MS, Sp.GK saat ditemui di acara Kampanye Nasional Danone Aqua, 'Mulai Hidup Sehat Dari Sekarang' di XXI Ballroom,Djakarta Theatre, Rabu 16 Maret 2011.
 
Khasiat air putih akan lebih terasa bisa dikonsumsi secara bertahap, bukan secara berlebihan ataupun sekaligus. Samuel menjelaskan, konsumsi air berlebih bukan bermanfaat untuk tubuh tapi justru membahayakan
 
Air yang dikonsumsi akan diserap ke saluran cerna dan masuk ke pembuluh darah yang akhirnya bisa menyebabkan volume darah jadi bertambah. Hal ini bisa membebani kerja jantung dan ginjal. Jantung seolah didesak untuk memompa darah lebih cepat, sementara ginjal di desak untuk mengeluarkan cairan lebih cepat. 

Samuel mengatakan bahwa hal ini bisa mengganggu fungsi jantung dan ginjal. Jangan meminum sekaligus secara berlebihan, karena air mudah diserap. Jika setiap hari hal ini dilakukan, bisa membebani jantung dan ginjal serta menyebabkan bagian tubuh tersebut mudah 'jebol'

Perlu diketahui cara mengonsumsi air yang benar dan sesuai dengan kebutuhan. Samuel juga menyarankan, agar khasiatnya bisa dirasakan, konsumsi air sebelum Anda merasa haus. Setelah bangun tidur juga dianjurkan untuk mengonsumsi air putih satu gelas. Sebelum dan setelah sarapan juga dianjurkan minum segelas air putih. Begitu pula saat ingin beraktivitas serta sebelum dan setelah berolahraga. Bahkan sebelum tidur pun dianjurkan untuk mengonsumsi segelas air putih. 


Dapat diambil kesimpulan bahwa minum air putih tidak berbahaya jika kita mengerti takaran yang dianjurkan, tidak berlebih dan tidak kurang namun cukup. Dan biasakan jangan minum air putih banyak secara langsung.
Nahk,,, semoga bisa bermanfaat buat sobat semua.
 

4 komentar:

  1. kisah islam

    minum air secukupnya dan wajar2 saja, tidak usah berlebih

    BalasHapus
  2. Karir Gue

    dari manakah sumber terapi air putih

    BalasHapus
  3. siip thanx artikelnya... bagus

    BalasHapus
  4. kirain bagus minum banyak ternyata ga toh, oke deh makasi bwt infonya =]

    BalasHapus