TOP NEWS

PERHATIAN.--- Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, blog ini dalam tahap perubahan tampilan. Harap maklum, Terima kasih.

Kamis, 05 Januari 2012

Ditemukan cara Baru Dapatkan Suhu Ultradingin

Peneliti mengembangkan cara mendapatkan suhu terendah yang tercatat di bumi. Suhu itu diperlukan untuk mempelajari sifat dasar Zat dan efek ganjil dari mekanika kuantum. Metode itu menggunakan kisi-kisi optik di mana hanya atom terpanas disingkirkan. Penemuan ini dilaporkan dalam Nature dan dikutip oleh BBC, diharap bisa menciptakan memory untuk komputer kuantum masa depan. Batas bawah suhu terus diturunkan dalam tahun-tahun belakangan ini. Saat ini suhu terendah berada di nanoKelvin, yaitu jutaan di bawah 0 Kelvin (K) atau -273,15 derajat Celcius. Sebagai gambaran , suhu tubuh manusia adalah 310 K, air membeku pada 273 K, es kering 217 K, suhu terendah di permukaan bumi 184 K, dan rata-rata suhu luar angkasa 2,7 K.

Kisi-kisi optik merupakan sistem ideal untuk menurunkan ambang bawah suhu. Intensitas puncak dan cekungan dari sinar yang bersilangan membentuk semacam struktur wadah telur di mana atom cenderungberada di cekungan, titik terendah dari energi. Atomatom ditambahkan di setiap cekungan sampai titik sulit untuk menambahkan atom lagi atau terjadi blokade.
Para peneliti dari Universitas Havard memodifikasisituasi itu dengan cara yang disebut blokade pengganti orbit. Itu merupakan cara mendinginkan kumpulan atom sampai hitungan picoKelvin, yaitu miliaran derajat suhu terdingin yang bisa dicapai. Tim dengan hati-hati menyesuaikan intensitas persilangan cahaya dan menyingkirkan atom panas dari sistem dan hanya menyisakan atom yang dingin. Cara ini mengurangi keseluruhan suhu pada kisi-kisi optik.

0 komentar: