TOP NEWS

PERHATIAN.--- Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, blog ini dalam tahap perubahan tampilan. Harap maklum, Terima kasih.

Kamis, 22 Maret 2012

Ternyata Mandi sebelum Berenang itu Penting?

 Setelah berenang pasti kita selalu membilas tubug kita. Tetapi hanya sedikit orang yang punya presepsi sadar untuk mandi sebelum berenang. Tertanyata mandi sebelum berenang sangatlah penting Sobat....! Mengapa??? Karena tindakan tersebut bisa mencegah kita terkena infeksi dari air kolam.  Penyakit akibat air kolam renang (recreational water illnesses/ RWI) menyebar dikarenakan kita menelan atau bernafas dalam air yang terkontaminasi.   
  Penyakit yang timbul diantaranya  seperti
*Penyakit infeksi mata =  "moluskum kontagiosum dan konjungtivitis (adenovirus)"
*Otitis eksterna atau “Swimmer’s Ear” adalah infeksi telinga yang disebabkan karena Pseudomonas aeruginosa  juga dapat ditularkan lewat media air kolam renang.
*Infeksi kulit = “Hot Tub Rash”. Penyebabnya adalah bakteri Pseudomonas
*Penyakit kulit lainnya adalah Cercarial Dermatitis. Gangguan ini sering dikenal sebagai penyakit “swimmer itch”. Gejalanya berupa kulit yang terasa panas terbakar, gatal, pada kulit tampak bintil seperti jerawat kecil kemerah-merahan kadang disertai melepuh.
 

Para peneliti dari University of Michigan mengungkapkan bahwa  mandi sebelum berenang bisa menjadi cara untuk mencegah infeksi akibat air kolam.Jadi membilas tubuh dengan air sebelum kontak dengan air kolam bisa mengurangi bahan-bahan kimia yang masih menempel di kulit.

Penelitian lain juga dilakukan oleh tim dari University of Illinois tahun 2010 , hasilnya, mereka menemukan produk yang mengandung nitrogen yang dipakai oleh para perenang, misalnya tabir surya atau kosmetik, akan menjadi agen yang bersifat toksik saat bercampur dengan disinfektan di kolam renang.

Paparan disinfektan dalam jangka panjang akan menyebabkan mutasi genetik dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan kecacatan pada janin, mempercepat proses penuaan, gangguan pernapasan, bahkan lebih parah lagi yaitu kanker.

Meskipun klorin sudah cukup membunuh sebagian besar bakteri penyebab RWI dalam satu jam, tetapi parasit penyebab kram perut, diare, dan mual-mual bisa bertahan hidup di kolam renang selama beberapa hari meski airnya sudah mengandung disinfektan.

Salah satu cara untuk mencegah penyebaran RWI adalah mencegah parasit masuk ke kolam renang. Karena itu, para ahli merekomendasikan agar anak-anak mandi dengan sabun sebelum berenang.
  Semoga Tips Kesehatan ini menjadi panduan Hidup Sehat sobat semua :D

1 komentar:

  1. Haha..
    saya tunggu kunjungan baliknya Kak..
    makasihh..

    BalasHapus