Sunday, January 9, 2011

Jus Jeruk Kemasan picu Asam Urat??

Apakah anda penyuka jus jeruk kemasan atau minuman bersoda? Sebuah penelitian University of Boston mengungkap, konsumsi dua jenis minuman iatu dapat tingkatkan resiko menderita asam urat

Seperti mdikutip dari Daily mail, konsumsi jus jeruk kemasan minimal dua kali sehari meningkatkan resiko 2,5 kali mengidap asam urat. Bahkan , konsumsi satu gelas jus jeruk meningkatkan resiko sebesar 40%. Sementara wanita yang memiliki keniasaan mengonsumsi minuman bersoda memiliki resiko 70% menderita asam urat. Penelitian untuk mendukung pentingnya mengurangi asupan fruktosa itu dilakukan dengan menganalisa kebiasaan diet 80 ribu wanita usia 22 tahun.

Dalam penelitian itu terungkap bahwa kadar gula buah atau fruktosa yang tinggi dalam dua jenis minuman itu menjadi faktor utama pemicu peningkatan resiko asam urat. Kandungan fruktosa memicu limnah dalam darah yang berdampak buruk bagi persendian dan otot.

Penelitian menjadi penting bagi msyarakat Inggris yang terbiasa mengasup jus jeruk kemasan atau minuman bersoda dalam pola diet mereka. Asam urat sudah menyerang 1,5% warga Inggris. Meski mayoritas penderita pria, namun jumlah kasus pada wanita meningkat dua kali lipat dalam 20 tahun terakhir.

Dalam penelitian sebelumnya, tim berhasil memetakan penderita asam urat yakni, 3,5% diderita wanita berusia 60-69 tahun 4,6% kelompok usia 70-79 tahun dan 5,6% dari mereka usia lebih 80 tahun.***
Disqus Comments