TOP NEWS

PERHATIAN.--- Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, blog ini dalam tahap perubahan tampilan. Harap maklum, Terima kasih.

Sabtu, 17 September 2011

Guna Kacamata Hitam (ga cuma untuk gaya)

KACAMATA, ya sejenak benda tersebut digunakan untuk penderita (penyakit) mata.
Nahk lain lagi kalo seperti kacamata yang digunakan untuk bergaya,,,,
Ternyata Kacamata berguna untuk melindungi mata kita, di sini kita membahas guna Kacamata Hitam / lensa berwarna gelap.
Di balik warna lensa Hitam, kacamata ini berguna untuk melindungi mata dari Sinar  UV
 

Memakai kacamata hitam tidak hanya sekedar untuk tampil modis dan cool, tapi juga dapat melindungi mata dari sengatan teriknya Matahari.
Kacamata hitam cukup ampuh melindungi mata dari radiasi sinar UV (Ultraviolet) yang bisa sangat merusak jika mengenai mata dalam waktu yang singkat.

Dikutip dari Healthday, Selasa (24/8/2010), risiko kerusakan jangka pendek yang bisa dicegah dengan kacamata hitam antara lain adalah : 

A.mata terbakar (photokeratitis) 
 
Kerusakan ini ditandai dengan radang pada kornea, yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian sel di bagian tersebut.Radang semacam itu juga bisa terjadi pada konjungtiva, yakni bagian mata yang berwarna putih. Meski terasa sangat sakit, peradangan di kedua bagian itu masih bisa dan mudah untuk disembuhkan.


Sedangkan penyakit yang disebabkan oleh cahaya matahari (UV) dalam jangka panjang , diantaranya : 

B.Pterygium 
 
 
Merupakan pertumbuhan yang tidak normal pada konjungtiva atau bagian mata yang berwarna putih, yang dapat disebabkan karena terlalu sering terkena sinar matahari. Pertumbuhan abnormal ini akan merusak kornea, sehingga mengganggu penglihatan.
Tidak ada cara lain untuk mengatasi gangguan ini kecuali dengan pembedahan. Itupun masih menyisakan peluang kekambuhan, sebab konjungtiva yang sudah rusak pada dasarnya sulit untuk dipulihkan.


C.Katarak

 
Pada penderita katarak, warna lensa yang bening berubah menjadi keruh sehingga menghalangi cahaya yang masuk. Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari diduga merupakan salah satu penyebab utama pada gangguan ini.
 

D.Kemunduran fungsi macula
(macular degeneration)

 
Sinar ultraviolet juga dapat merusakkan retina, yakni lapisan tipis pada mata bagian belakang yang berfungsi menangkap cahaya. Kerusakan itu juga mempengaruhi fungsi makula, yakni titik pusat retina sekaligus pusat penglihatan.


E.Kanker mata
 
Permukaan mata bisa terserang melanoma, sejenis kanker ganas akibat sinar ultraviolet yang membutuhkan operasi untuk mengatasinya. Sedangkan pada kelopak mata, sinar matahari juga berisiko menyebabkan karsinoma sel basal.
 


Agar mata tetap terjaga, aturlah gaya hidup yang sehat dengan melakukan :
1. Rajin berolahraga agar aliran darah ke mata lancar.
2. Makan nutrisi 4 sehat 5 sempurna agar asupan gizi cukup.
3. Jangan biasakan diri melihat dari jarak dekat, alihkan pandangan ke tempat yang jauh selama ± 5 menit, lakukan hal ini setiap ± 15 menit untuk mengurangi kelelahan mata.
4. Membacalah di tempat yang cukup cahayanya dan posisi yang benar.
5. Lakukan senam mata setiap hari untuk melatih otot mata agar relaks dan kuat dengan cara melirik ke atas dan bawah, kiri dan kanan, serong kiri atas-serong kanan bawah dan sebaliknya, lalu gerakan melingkar searah jarum jam dan berlawanan jarum jam masing-masing 5-10 hitungan.
6. Lindungi mata dengan kacamata anti UV jika berada di luar ruangan atau tempat yang terik untuk meminimalisir dampak dari sinar UV dan radikal bebas.
7. Hindari menggunakan obat atau vitamin mata tanpa konsultasi dengan dokter mata.

Mata merupakan jendela hati, karena apa yang kita rasakan dapat terpancar dari mata, maka dari itu rawatlah mata Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

dari : http://www.kaskus.us/showpost.php?p=413570251&postcount=1

 

1 komentar: