Tuesday, January 18, 2011

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli


Artikel ini dikumpulkan dari beberapa sumber yang membahas pengertian SOSIALISASI  yang terdapat dalam pelajaran Sosiologi, berikut pendapat beberapa ahli :................

A.      Macionis :
pengalaman sosial sepanjang hidup yg memungkinkan seseorang mengembangkan potensi kemanusiannya & mempelajari pola2 kebudayaan.




B.      Broom & Selznic :
proses membangun/menanamkan nilai2 kelompok pada diri seseorang.



C.      Stewart :
proses memperoleh kepercayaan, sikap, nilai, & kebiasaan dalam kebudayaannya.


D.     Horton & Hunt :
proses dimana seseorang menginternalisasikan norma2 kelompok tempat ia hidup sehingga berkembang menjadi satu pribadi yg unik.


E.      Karel J.Veeger:
Sosialisasi adalah suatu proses belajar mengajar.


F.      Charlotte Buehler:
Sosialisasi adalah proses yang membantu individu untuk belajar dan menyesuaikan diri tentang bagaimana cara hidup dan cara berpikir kelompoknya agar dapat berperan dan berfugsi dalam kelompoknya.


G.     Soerjono Soekanto:
Soalisasi adalah sutatu proses yang menempatkan anggota masyarakat yang baru mempelajari norma-norma dan nilai-nilai masyarakat di tempat dia menjadi anggota.


H.     Bruce J.Cohen:
Sosialisasi adalah proses manusia mempelajari tata cara kehidupan dalam masyarakatnya untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitas untuk berfungsi, baik sebagai individu maupun sebagai anggota kelompok.


I.       Robert M.Z. Lawang:
Sosialisasi adalah proses mempelajari norma, nilai, peran, dan semua persyaratan lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial.


J.         Ritcher JR (1987 : 139)  :
sosialisasi adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlakukannya agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam suatu kedudukan atau peranan tertentu di masyarakat.
J.         Giddens (1994/60)  :
Sosialisasi sebagai sebuah proses yang terjadi ketika seorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahap demi tahap sampai akhirnya menjadi pribadi yang sadar akan dirinya sendiri pribadi yang berpengetahuan dan terampil akan cara hidupnya dalam kebudayaan tempat ia tinggal.

K.      Paul B. Horton :
Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati serta memahami norma-norma dalam masyarakat tempat tinggalnya sehingga akan membentuk kepribadiannya.

L.         WrightWright :
Sosialisasi sebagai proses ketika individu mendapatkan kebudayaan kelompoknya dan menginternalisasikan (sampai tingkat tertentu) norma-norma sosialnya, sehingga membimbing orang itu untuk memperhitungkan harapan-harapan orang lain.


_____Sekian dari saya, semoga bermanfaat untuk anda, Terima kasih______
Disqus Comments